Rabu, 19 Mei 2010

Hilangnya Sang Penjelajah Ketika Mencari Kota Yang Hilang

Foto Kenang-kenangan dari Kolonel Percy Fawcettwidth="280" height="320" />
Foto Kenang-kenangan dari Kolonel Percy Fawcett

Kalau kita mendengar ekspedisi yang mencari kota yang hilang, sobat-sobat TOKOZIFA pasti teringat dengan salah satu impian el Dorado dari orang Spanyol dan Portugis penakluk Amerika Tengah di abad ke 16. tetapi ekspedisi seperti itu diluncurkan ke Mato grosso di Brazil yang tidak banyak diketahui tanggal 20 april 1925. ekspedisi ini dipimpin oleh Letnan Kolonel Percy Fawceet seorang ahli arkeologi, ahli geograpi dan petualang yang memimpikan penemuan yang tidak kurang jelas dan menggiurkan ketimbang menaklukan Amerika tengah.

Fawcett pernah bertugas dalam pasukan India milik Inggris di Ceylon . Menghabiskan waktu luang untuk mencari kuburan kuno dan berburu harta . Pergi ke Amerika Selatan dan menghabiskan waktu dari tahun 1906 sampai 1909 untuk melakukan survey . Diakhir waktu dia dengan seksama melakukan penelitian dan mempelajari dengan serius cerita-cerita bangsa Portugis tentang kota yang hilang yang kaya akan emas dan batu mulia.

Karena dia percaya akan kota yang hilang itu, Fawcett dan rombongannya berangkat dari Cayuba berpergian tanpa membawa banyak barang dan merencanakan untuk tinggal di pedalaman . Berita terakhir tanggal 30 mei dikutip sebagian.

kami melakukan jalan pintas melewati cerraba, hutan dengan semak yang rendah dan kering sejauh bermil-mil. Kami telah menyeberangi sungai dengan berenang , Kami mendaki bukit berbatuan , Kami digigit oleh serangga-serangga hutan yang sangat mengganggu . Namun kami belum juga sampai ditempat yang kami harapkan selama dua minggu perjalanan ini.

Dan itu merupakan kabar terakhir dari Fawcett dan rombongannya. Karena pada saat akan melakukan ekspedisi tersebut Fawceet berencana melakukan selama 2 tahun, Maka tidak ada rombongan tim pencari yang dikirimkan sampai dengan bulan mei 1928 dan tentu saja jejak dari rombongan Fawcett ini telah hilang.. hehehe.
Peta Wilayah Dari Rute Perjalanan Kolonel Percy Facett
Peta Wilayah Dari Rute Perjalanan Kolonel Percy Facett
Dan asumsi-asumsi publik saat itu bermuculan, bahkan suku-suku asli daerah itu, yaitu suku bangsa Indian saling menyalahkan akan kehilangan rombongan Fawceet ini. Salah seorang suku indian juga ada yang mengatakan
Saya melihat seorang lelaki dan sepertinya dia bangsa inggris, dia terlihat lemah dan hampir tewas karena penyakit dan kelelahan.
Namun sampai kini belum ada bukti yang dapat disimpulkan tentang hilangnya rombongan ekspedisi yang dipimpin oleh Kolonel Fawcett ini.
sumber : Brazilian Adventure 6-13,40-43,187-190 , The Mysterious world ; An Atlas Of The Unexplained
Hikmah dari cerita ini yaitu apabila ingin melakukan sesuatu yang penuh dengan resiko , ada baiknya apabila melakukan persiapan yang matang, terutama kesehatan dan perlengkapan. Dan satu hal yang pasti banyak-banyak berdoa dan mohon perlindungan kepada Tuhan yang maha ESA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post