Sabtu, 15 Januari 2011

Tata Nano, Mobil Diesel Termurah Dunia

New Delhi - Kabar yang menyebutkan produsen mobil India Tata Motors bakal merilis Tata Nano diesel lambat laun terbukti. Tepatnya pada September atau Agustus tahun ini, Tata Nano diesel bakal dirilis. Wah sepertinya Tata Nano bakal menjadi mobil diesel termurah sedunia.

Salah satu vendor Tata Nano diesel menyebutkan Tata Nano diesel mengusung kapasitas mesin antara 600 cc atau 700 cc. Untuk urusan harga, ia menyebutkan harga Tata Nano diesel di atas Tata Nano bensin yang kini sedang dipasarkan di negeri Bollywood itu.

"Mesin diesel akan berada antara 600 cc atau 700 cc. Harganya lebih tinggi sedikit di atas Tata Nano bensin saat ini," kata sumber vendor seperti dikutip detikOto dari Indiatimes, Jumat (14/1/2011). Dikabarkan, Tata Nano diesel berada antara Rp 36-Rp 44 juta, lebih mahal dari versi bensinnya yang dijual paling mahal Rp 25 jutaan.
Salah satunya pengembang mesin turbo untuk Tata Nano, Honeywell mengatakan telah bekerjasama dengan perusahaan teknik Jerman FEV untuk mesin CRDI turbocharged 800 cc pada Tata Nano diesel. Mereka juga bekerjasama dengan Bosch untuk urusan elektronik Tata Nano.

Jika itu benar terjadi, Tata Nano diesel akan menjadi mobil diesel terkecil dan termurah  di bawah mesin kapasitas 1.000 cc. Sumber lainnya menyebutkan dari segi tenaga mesin diesel itu lebih baik 20-30 persen dibandingkan mesin bensin Tata Nano.

Sayang hingga saat ini tidak ada pernyataan resmi dari pihak Tata Motors. Bahkan juru bicara Tata Motors menolak berkomentar ketika ditanyai.

Namun jika melihat pasar India yang semakin menggeliat dengan mobil kecil
bermesin diesel bukan tidak mungkin Tata Motors menghadirkan Tata Nano diesel.

Terlebih permintaan mobil diesel di India kini sedang besar. Bahkan hampir
seluruh pabrikan mobil yang bermain di India menghadirkan mobil kecil diesel. Diantaranya Suzuki, Ford bahkan Honda

source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post