Jumat, 21 Mei 2010

Gila Gan!!! Lukisan Pablo Picasso Terjual Rp 1 Triliun



TERMAHAL. Lukisan berjudul Nude, Green Leaves and Bust karya Pablo Picasso. (Foto, Int)
NEW YORK -- Lukisan karya seniman legendaris, Pablo Picasso, berjudul Nude, Green Leaves and Bust terjual dengan harga USD 106,5 juta atau setara Rp 1 triliun. Lukisan Yang dibuat tahun 1932 tersebut terjual melalui proses lelang dengan harga fantastis di New York, AS, selama malam 4 Mei lalu.

Rumah lelang Christie di New York berhasil menjualnya pada seorang klien yang menawar melalui sambungan telepon. Identitas pembeli tidak diungkapkan. Yang jelas, ini merupakan lukisan termahal yang pernah dilelang.

Tadinya, lukisan itu diperkirakan hanya akan terjual antara USD 70 juta hingga USD 90 juta. Namun ada yang begitu menyukainya hingga rela mengucurkan uang lebih dari USD 100 juta. Lelang berlangsung selama sembilan menit dengan melibatkan delapan klien, baik yang langsung hadir di Christie maupun lewat telepon.

Conor Jordan, pakar seni modern dan impresionis untuk rumah lelang Christie mengaku luar biasa gembira dengan hasil penjualan tersebut. "Malam ini, hasil spektakuler menunjukkan kepercayaan tinggi di pasar dan antusiasme bahwa pasar akan menyambut baik karya-karya bermutu," kata Jordan.

Lukisan Nude, Green Leaves and Bust hanya pernah dipamerkan satu kali di Los Angeles, yakni pada 1961, untuk memperingati 80 tahun hari lahir Picasso. Lukisan berukuran 162 cm × 130 cm tersebut menggambarkan seorang tokoh perempuan dalam keadaan telanjang dengan gambar Picasso di latar belakang yang sedang memandang ke arah perempuan telanjang tersebut.

Perempuan itu digambarkan sebagai seorang gundik Picasso, Marie-Thérèse Walter. Lukisan tersebut sebelumnya merupakan koleksi pribadi kolektor seni di California, mendiang Frances Lasker Brody, yang membelinya di tahun 1950-an. Sebagian hasil penjualan lukisan itu akan diberikan kepada Perpusatakaan, Koleksi Seni, dan Taman Botani Huntington di San Marino, California, di mana Brody menjadi salah satu anggota dewan.

Rekor penjualan tertinggi untuk lelang karya seni sebelumnya adalah patung Walking Man I karya Alberto Giacometti, yang terjual pada 3 Februari lalu oleh rumah lelang Sotheby di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post